Christina Aguilera


Christina Maria Aguilera (lahir 18 Desember 1980 di Pulau Staten, New York) adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Amerika yang terkenal kemampuan vokal dan gaya busananya yang eksentrik atau seksi. Gaya busananya banyak ditiru sebagian artis lain dan muda-mudi di beberapa negara. Banyak kalangan membandingkan suaranya dengan penyanyi ternama Mariah Carey dan Whitney Houston.

Christina memiliki empat single yang mencapai nomor satu di daftar Billboard Hot 100, antara lain Genie In A Bottle (1999), What A Girl Wants dan Come On Over Baby (All I Want Is You) (2000) serta Lady Marmalade (2001). Selain menempatkan 4 single di posisi puncak, Christina Aguilera juga menempatkan beberapa singlenya di posisi top ten, antara lain I Turn To You (2000), Beautiful dan Can’t Hold Us Down (2003) serta Ain’t No Other Man (2006).

Debut album perdananya yaitu Christina Aguilera (1999) dan Back to Basics (2006) turut menduduki urutan pertama di daftar 200 album terlaris versi Billboard Music Chart dengan angka penjualan masing-masing lebih dari 250.000 keping dan 365.000 keping dalam kurun waktu 1 minggu sejak album tersebut dirilis ke pasaran Amerika. Album kedua Christina, Stripped (2002) menduduki peringkat kedua dengan angka penjualan lebih dari 330.000 keping, sedangkan album natal pertamanya yaitu My Kind of Christmas (2000) hanya berhasil menduduki posisi 28. Mi Reflejo yang diluncurkan pada tahun 2000 juga berhasil berada di posisi puncak penjualan album terlaris versi Billboard Latin Album.

Selama perjalanan karirnya, Christina Agulera telah mendapatkan 16 kali nominasi, baik Grammy Awards maupun Latin Grammy Awards. Christina memperoleh 4 Grammy Awards untuk kategori Best New Artist (2000), Best Female Pop Vocal Performance (Beautiful – 2004 dan Ain’t No Other Man – 2007) dan Best Pop Collaboration with Vocals bersama P!nk, Li’l Kim dan Mya untuk single Lady Marmalade pada tahun 2002. Pada ajang Latin Grammy Award, Christina juga berhasil memperoleh penghargaan untuk kategori Best Female Pop Vocal Album (2001) untuk debut album berbahasa latin pertamanya yaitu Mi Reflejo. Sekarang, ia menikah dengan seorang eksekutif rekaman Jordan Bratman.

Pada tahun 2007, Christina Aguilera kembali mendapatkan nominasi pada ajang penghargaan Grammy Awards yaitu Best Female Pop Vocal Performance untuk single Ain’t No Other Man dan Best Pop Vocal Album untuk Back to Basics. Pengumuman pemenang telah dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2007 lalu. Christina Aguilera menyanyikan lagu “It’s a Man’s Man’s Man’s World” pada ajang tersebut sebagai penghargaan untuk James Brown.

Dari 2 nominasi yang didapat, Christina Aguilera memperoleh penghargaan sebagai Best Female Pop Vocal Performance untuk single Ain’t No Other Man, mengalahkan beberapa saingannya seperti Pink dan Sheryl Crow. Penghargaan untuk kategori ini sebelumnya juga pernah dimenangkan oleh Christina Aguilera pada tahun 2004 lalu untuk single Beautiful. Sedangkan untuk kategori Best Pop Vocal Album berhasil dimenangkan oleh John Mayer dengan album Continuum.

Di tahun 2008 ini, Christina Aguilera kembali mendapatkan nominasi dalam ajang musik paling bergengsi, The 50th Annual Grammy Awards dengan 2 nominasi, yaitu Best Female Pop Vocal Performance untuk single Candyman dan Best Pop Collaboration With Vocals bersama dengan Tony Bennet untuk penampilannya dalam acara The 59th Primetime Emmy Awards, menyanyikan lagu Stepinn’ Out With My Baby. Sampai dengan saat ini, Christina Aguilera telah menjual albumnya lebih dari 30 juta keping di seluruh dunia. Nama Christina Aguilera pun akan segera diabadikan pada Hollywood Walk of Fame di Amerika Serikat bersama dengan Britney Spears serta sejumlah public figure lainnya pada tahun 2008.

Kemampuan Vokal

Christina Aguilera, seorang penyanyi yang memiliki jenis suara sprinto soprano dikenal memiliki vokal dengan jenis chestvoice yang kuat dan sering disebut sebagai penyanyi berkualitas. Pada acara MTV special “All Eyes on Christina”, John Norris berkata bahwa Christina memiliki range vokal 4 oktaf. Christina juga memiliki kemampuan untuk bernyanyi dengan whistle register seperti yang dimiliki pendahulunya, Mariah Carey. Namun, Christina tidak menggunakan teknik vokal itu dan lebih memilih untuk bernyanyi dengan suara mid-oktaf yang kuat.

Kunjungan pertamanya di China pada Juni 2007 untuk sebuah konser di Shanghai Grand Stage disambut antusiasme penonton. Ketatnya sensor membuat dirinya termasuk daftar penyanyi internasional yang diperbolehkan masuk di China. Femomena Aguilera pun menimbulkan spekulasi otoritas China mulai mgendurkan kebijakan sensor. Aguilera tampil di hadapan 8000 penonton yang membeli tiket masuk seharga sekitar US$ 26 per orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: